MATA PELAJARAN:
IPA
KURIKULUM MIKRO
MATA
PELAJARAN : IPA – MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
KELAS/SEMESTER : VI/ I
(SATU)
TIU : Setelah
mengikuti mata pelajaran IPA kelas 6 semester 1 dapat mendeskripsikan hubungan
makhluk hidup dan lingkungannya.
DESKRIPSI : Mata pelajaran ini membentuk pengenalan
keunikan dan hewan dan tumbuhan, benda-benda dan perubahannya, dan memahami
kejadian di sekitar secara ilmiah. Ruang lingkup pelajaran ini membahas :
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya;
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan
pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya; perkembangan dan pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut usia; ciri-ciri perkembangan fisik anak
laki-laki dan perempuan; cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan; cara
perkembangbiakan manusia; kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan
alam (ekosistem); bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan; bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan; jenis
hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.; pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat;
membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda; alasan
pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan
panas; faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan; faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda
atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan
sehari-hari. Sebagai akhir dari pembelajaran, siswa diharapkan dapat
mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dan lingkungannya.
NO
|
Tujuan
Instruksional Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Strategi Pembelajaran
|
Komposisi
|
Pustaka
|
|||
Metode
|
Media
|
Waktu
|
Teori
|
Praktek
|
|||||
1
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan
lingkungan hidupnya bila ditunjukkan gambar hewan dan tempat lingkungan
tempat hidupnya dengan baik.
|
ciri-ciri
khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya
|
hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan
lingkungan hidupnya
|
- Tanya jawab
- Cera mah
Disku
si
Model Pembelajaran
Taching Game Team
(TGT)
|
• model bebek, kelelawar,
bangau,cumi,
• Kartu paze l hewan
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,6,&7
|
2
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)
dengan lingkungan hidupnya bila ditunjukkan gambar tumbuhan dan lingkungan
tempat hidupnya dengan benar.
|
ciri-ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya
|
hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan
serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Taching Game Team
( TGT )
|
• tum
Buhan
- gam
Bar tumbuhan
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,4,6,& 7
|
3
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan perkembangan dan
pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia bila membaca buku tentang
tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dengan benar.
|
perkembangan
dan pertumbuhan manusia
|
perkembangan
dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
- Demon
strasi
-Tanya jawab
- Cera mah
Disku
si
Model Pembelajaran
Active lear
ning
|
• Kartu KMS
• Gambar tahap pertumbuhan
dan perkembangan manusia
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3 & 7
|
4
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik
anak laki-laki dan perempuan bila
berdiskusi dengan kelompoknya dengan teliti.
|
perkembangan
dan pertumbuhan manusia
|
ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Active learning
|
• Charta perubahan
tubuh laki-laki dan perempuan pada saat memasuki masa pubertas
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3,& 7
|
5
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan melalui gambar cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
dengan benar.
|
perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan
|
cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Active learning
|
•Bunga
• Charta bagian-bagian bunga
• Charta penyerbukan
• Charta perubahan biji jika ditanam
• Charta perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif
buatan, antara lain
setek, cangkok, mengenten, okulasi, dan merunduk
• Charta perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif
alami, antara lain ; umbi lapis, umbi batang, tunas, geragih, dan
spora
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3, & 7
|
6
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasikan cara
perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia dengan baik.
|
cara
perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia
|
cara
perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Active learning,
|
• gambar ibu hamil
• kliping koran/majalah
• gambar (sket) organ-organ reproduksi
manusia
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3, &7
|
7
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi
kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) melalui
urun pendapat tentang perilaku manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
alam dengan benar.
|
keseimbangan
alam (ekosistem)
|
kegiatan
manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
|
• Gambar orang menyemprot pestisida
• Gambar orang menebang hutan
• Kartu
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,6, & 7
|
8
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan melalui gambar tumbuhan yang sering dimanfaatkan
manusia dengan tepat.
|
bagian
tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia
|
bagian
tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
|
• gambar tumbuhan yang hampir punah
• benda-benda yang terbuat dari tumbuhantumbuhan
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,6 & 7
|
9
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan bila ditunjukkan gambar hewan yang sering diburu
manusia untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya dengan tepat.
|
bagian
tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia
|
bagian
tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran Snowball
Throwing,
|
• Charta hewan
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,5 & 7
|
10
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan bila ditampilkan slide dan
video hewan dan tumbuhan yang langka dengan benar.
|
jenis
hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
jenis
hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Active learning
|
• Charta hewan dan tumbuhan langka
• Slide plus
video hewan dan tumbuhan langka
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3,4,& 7
|
11
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan
masyarakat melalui diskusi tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup
dengan benar.
|
pelestarian
jenis makhluk hidup
|
mendeskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu
pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran Team
Games Tournamant (TGT)
|
• Charta hewan dan tumbuhan langka
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,4,6, & 7
|
12
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas dari berbagai benda bila dilakukan praktek macam-macam
benda yang dapat menghantarkan panas dengan tepat.
|
Hantaran
panas
|
membandingkan
sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Active learning,
|
• Gelas kimia tabung ellemeyer, besi, aluminium,
tembaga, kayu, plastik, karet, dan air panas
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,3,4, & 7
|
13
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat menjelaskan alasan pemilihan benda dalam
kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas melalui
contoh-contoh benda di sekitar rumah tangga dengan benar.
|
Hantaran
panas
|
alasan
pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran Team
Games Tournamant (TGT)
|
• Alat-alat rumah tangga
• Gambar alat-alat rumah tangga
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,6, & 7
|
14
|
Siswa
SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan
benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan benda-benda yang
mengalami perubahan dengan benar.
|
Perubahan
benda
|
faktor-faktor
penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Snowball Throwing,
|
• Charta perubahan benda
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,5,& 7
|
15
|
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat
mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan
untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan
sehari-hari bila dijelaskan tentang
sifat-sifat benda dengan benar.
|
Perubahan
benda
|
faktor-faktor
yang menentukan pemilihan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet,
logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi
Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
|
• Charta / gambar benda dan kegunaan benda
|
2x35 ‘
|
40
|
60
|
1,2,4,6,7
|
DAFTAR PUSTAKA
1. Dwi Suhartanti dkk. (2008), Ilmu
Pengetahuan Alam Kelas 6 SD Jakarta : Mentari Pustaka
2.
Heri
Sulistyanto dkk. (2008) Ilmu pengetahuan
alam 6: untuk sd dan mi kelas VI, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional
3. http://novian25.blogspot.co.id/2013/09/model-pembelajaran-active-learning.html
4. http://ainamulyana.blogspot.co.id/2015/09/model-model-pembelajaran-inovatif-dan.html
5. http://www.sekolahdasar.net/2013/02/model-pembelajaran-snowball-throwing.html#ixzz4VL2ZFJG1
6. https://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/
7. http://bsnp-indonesia.org/?page_id=103/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar