Senin, 16 Januari 2017

Tugas Modul Desain Pembelajaran IPA Kelas 6 Sd






 

MATA PELAJARAN:
IPA





KURIKULUM MIKRO

MATA PELAJARAN  : IPA – MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
KELAS/SEMESTER   : VI/ I (SATU)
TIU                              : Setelah mengikuti mata pelajaran IPA kelas 6 semester 1 dapat mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dan lingkungannya.

DESKRIPSI : Mata pelajaran ini membentuk pengenalan keunikan dan hewan dan tumbuhan, benda-benda dan perubahannya, dan memahami kejadian di sekitar secara ilmiah. Ruang lingkup pelajaran ini membahas : hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya; hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya; perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia; ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan; cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan; cara perkembangbiakan manusia; kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem); bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan; bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan; jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.; pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat; membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda; alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas; faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan; faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai akhir dari pembelajaran, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dan lingkungannya.

NO
Tujuan Instruksional Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Strategi Pembelajaran
Komposisi
Pustaka
Metode
Media
Waktu
Teori
Praktek
1
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya bila ditunjukkan gambar hewan dan tempat lingkungan tempat hidupnya dengan baik.
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya
- Tanya jawab
- Cera mah
Disku
si

Model Pembelajaran
Taching Game Team
(TGT)
• model bebek, kelelawar, bangau,cumi,
• Kartu paze l hewan


2x35 ‘
40
60
1,2,6,&7
2
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya bila ditunjukkan gambar tumbuhan dan lingkungan tempat hidupnya dengan benar.
ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Taching Game Team
( TGT )
• tum
Buhan
- gam
Bar tumbuhan
2x35 ‘
40
60
1,2,4,6,& 7
3
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia bila membaca buku tentang tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dengan benar.
perkembangan dan pertumbuhan manusia
perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
- Demon
strasi
-Tanya jawab
- Cera mah
Disku
si

Model Pembelajaran
Active lear
ning
• Kartu KMS
• Gambar tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia
2x35 ‘
40
60
1,2,3 & 7
4
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan bila berdiskusi dengan kelompoknya dengan teliti.
perkembangan dan pertumbuhan manusia
ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Active learning
• Charta perubahan tubuh laki-laki dan perempuan pada saat memasuki masa pubertas
2x35 ‘
40
60
1,2,3,& 7
5
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan melalui gambar cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan benar.
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Active learning
•Bunga
• Charta bagian-bagian bunga
• Charta penyerbukan
• Charta perubahan biji jika ditanam
• Charta perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, antara lain
setek, cangkok, mengenten, okulasi, dan merunduk
• Charta perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, antara lain ; umbi lapis, umbi batang, tunas, geragih, dan spora

2x35 ‘
40
60
1,2,3, & 7
6
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia dengan baik.
cara perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia
cara perkembangbiakan manusia melalui video perkembangbiakan manusia
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Active learning,
• gambar ibu hamil
• kliping koran/majalah
• gambar (sket) organ-organ reproduksi manusia

2x35 ‘
40
60
1,2,3, &7
7
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) melalui urun pendapat tentang perilaku manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam dengan benar.
keseimbangan alam (ekosistem)
kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
• Gambar orang menyemprot pestisida
• Gambar orang menebang hutan
• Kartu

2x35 ‘
40
60
1,2,6, & 7
8
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan melalui gambar tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dengan tepat.
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
• gambar tumbuhan yang hampir punah
• benda-benda yang terbuat dari tumbuhantumbuhan

2x35 ‘
40
60
1,2,6 & 7
9
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan bila ditunjukkan gambar hewan yang sering diburu manusia untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya dengan tepat.
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran Snowball Throwing,
• Charta hewan

2x35 ‘
40
60
1,2,5 & 7
10
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan bila ditampilkan slide dan video hewan dan tumbuhan yang langka dengan benar.
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Active learning
• Charta hewan dan tumbuhan langka
Slide plus video hewan dan tumbuhan langka

2x35 ‘
40
60
1,2,3,4,& 7
11
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat melalui diskusi tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup dengan benar.
pelestarian jenis makhluk hidup
mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran Team Games Tournamant (TGT)
• Charta hewan dan tumbuhan langka

2x35 ‘
40
60
1,2,4,6, & 7
12
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda bila dilakukan praktek macam-macam benda yang dapat menghantarkan panas dengan tepat.
Hantaran panas
membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Active learning,
• Gelas kimia tabung ellemeyer, besi, aluminium, tembaga, kayu, plastik, karet, dan air panas

2x35 ‘
40
60
1,2,3,4, & 7
13
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas melalui contoh-contoh benda di sekitar rumah tangga dengan benar.
Hantaran panas
alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran Team Games Tournamant (TGT)
• Alat-alat rumah tangga
Gambar alat-alat rumah tangga

2x35 ‘
40
60
1,2,6, & 7
14
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan benda-benda yang mengalami perubahan dengan benar.
Perubahan benda
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Snowball Throwing,
• Charta perubahan benda

2x35 ‘
40
60
1,2,5,& 7
15
Siswa SDN Cijeruk Kelas 6 Semester I dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari bila dijelaskan tentang sifat-sifat benda dengan benar.
Perubahan benda
faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
- Demon
strasi
- Tanya jawab
- Cera mah
-Diskusi

Model Pembelajaran
Team Games Tournamant (TGT)
• Charta / gambar benda dan kegunaan benda
2x35 ‘
40
60
1,2,4,6,7






        DAFTAR PUSTAKA

1.     Dwi Suhartanti dkk. (2008), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 SD Jakarta : Mentari Pustaka
2.     Heri Sulistyanto dkk. (2008) Ilmu pengetahuan alam 6: untuk sd dan mi kelas VI, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
3. http://novian25.blogspot.co.id/2013/09/model-pembelajaran-active-learning.html
4.    http://ainamulyana.blogspot.co.id/2015/09/model-model-pembelajaran-inovatif-dan.html
5. http://www.sekolahdasar.net/2013/02/model-pembelajaran-snowball-throwing.html#ixzz4VL2ZFJG1
6.     https://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/
7.     http://bsnp-indonesia.org/?page_id=103/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar