KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat
Allah SWT.
Alhamdulillahi Robbil ‘Aalamiin atas
limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dalam hal ini mahasiswa Mahasiswa
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Program Pasca Sarjana Program Teknoologi
Pembelajaran (TPm) Kelas TPm-A Tahun 2016 dapat
menyelesaikan penyusunan Modul Desain
Pembelajaran untuk tugas mata kuliah Desain Pembelajaran pada semester tiga.
Shalawat dan salam dengan ucapan Allahumma Sholli
‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad penulis sampaikan untuk junjungan kita Nabi
besar Muhammad SAW yang telah membawa kita umatnya ke jalan yang benar yang
diridhoi oleh Allah SWT.
Penyusunan Modul Desai Pembelajaran IPA tentang
Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk Kelas 6 ini dibuat setelah menyusun
Analisis Instruksional Umum (TIU), Analisis Instruksional Khusus (TIK),
Kurikulum Mikro, Garis-Garis Besar Pembelajaran, Strategi Pembelajaran,
Kisi-kisi soal dan Soal, Garis Besar Isi Modul dan Jabaran Materi Modul.
Dalam penyusunan modul ini saya berusaha agar karya
ini lebih bermakna dan terkesan dengan mengembangkan dan menerapkan model
pembelajaran yang sudah ada menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan lebih
memperhatikan setiap karakter individu dalam proses pembelajaran di kelas.
Adapun model pembelajaran yang saya buat dan telah ditetapkan untuk melengkapi
kegiatan yang ada dalam modul ini khususnya bagian strategi pembelajaran yaitu
: Strategi Active Learning, Teams Games Tournamens (THT), dan Snowball
Throwing.
Modul ini tidak akan tersusun dan dapat
diselesaikan tanpa saya mengetahui ilmu yang ada didalamnya. Melalui kegiatan
perkuliahan yang telah dilaksanakan bersama Bapak Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
dan teman-teman di kelas TPm-A Program Pasca Sarjana, Program Studi Teknologi
Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada masa semester tiga 2016,
banyak sekali ilmu dan pengalaman yang saya dapat, untuk dikembangkan,
dilaksanakan, dan disampaikan kepada yang lain sehingga ilmu yang saya rasa
sangat berarti untuk bekal saya setelah melewati perkuliahan Desain
Pembelajaran agar keprofesionalan guru yang ada pada diri saya dapat saya
tingkatkan. Untuk itu secara pribadi saya mengucapkan banyak terima kasih
kepada Bapak Robinson Situmorang, M.Pd yang telah membimbing dan mengajar kami.
Semoga ilmu yang telah Bapak berikan dapat bermanfaat bagi kami, siswa, dan
semua kalangan. Terimakasih pula saya
ucapkan kepada teman-teman kelas TPm-A, Keluarga saya, dan teman-teman pengajar
seperjuangan atas kerjasama dan dukungannya sehingga Modul ini dapat
diselesaikan dengan mudah. Saya menyadari bahwa Modul ini masih terdapat banyak
kekurangan. Akhir kata, semoga Modul ini dapat bermanfaat.
Serang, Desember 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ................................................................i
Daftar Isi
........................................... .... .....................iii
Identifikasi Kebutuhan ............. ......................................iv
1.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan
lingkungannya
Pendahuluan
...............................................................1
Tujuan........................................................................1
Uraian Materi .............................................................1
Latihan ......................................................................6
Rangkuman
.................................................................8
Tes Formatif
...............................................................8
Glosarium....................................................................11
Daftar pustaka .............................................................11
2.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan
lingkungan hidupnya.
Pendahuluan
...............................................................12
Tujuan........................................................................13
Uraian Materi .............................................................13
Latihan
......................................................................16
Rangkuman
.................................................................17
Tes Formatif
...............................................................18
Glosarium....................................................................20
Daftar pustaka .............................................................20
3.
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut
usia
Pendahuluan
...............................................................21
Tujuan........................................................................21
Uraian Materi .............................................................22
Latihan
......................................................................29
Rangkuman
.................................................................31
Tes Formatif
...............................................................33
Glosarium....................................................................34
Daftar pustaka .............................................................34
4.
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan.perempuan
Pendahuluan
...............................................................35
Tujuan........................................................................35
Uraian Materi .............................................................36
Latihan
......................................................................37
Rangkuman
.................................................................40
Tes Formatif
...............................................................41
Glosarium....................................................................42
Daftar pustaka .............................................................42
5.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
Pendahuluan
...............................................................44
Tujuan........................................................................45
Uraian Materi .............................................................46
Latihan
......................................................................53
Rangkuman
.................................................................55
Tes Formatif
...............................................................58
Glosarium....................................................................61
Daftar pustaka .............................................................61
6. Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia
Pendahuluan
...............................................................62
Tujuan........................................................................62
Uraian Materi .............................................................63
Latihan
......................................................................66
Rangkuman
.................................................................67
Tes Formatif
...............................................................68
Glosarium....................................................................69
Daftar pustaka .............................................................69
7. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi
keseimbangan alam (ekosistem)
Pendahuluan
...............................................................70
Tujuan........................................................................70
Uraian Materi .............................................................71
Latihan
......................................................................72
Rangkuman
.................................................................73
Tes Formatif
...............................................................74
Glosarium....................................................................76
Daftar pustaka .............................................................76
8. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang seringdimanfaatkan
manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
Pendahuluan
...............................................................77
Tujuan........................................................................78
Uraian Materi .............................................................78
Latihan
......................................................................80
Rangkuman
.................................................................80
Tes Formatif
...............................................................81
Glosarium....................................................................82
Daftar pustaka .............................................................82
9. Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan
Pendahuluan
...............................................................83
Tujuan........................................................................83
Uraian Materi .............................................................84
Latihan
......................................................................85
Rangkuman
.................................................................85
Tes Formatif
...............................................................86
Glosarium....................................................................87
Daftar pustaka .............................................................88
10. Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
Pendahuluan
...............................................................89
Tujuan........................................................................90
Uraian Materi .............................................................90
Latihan
......................................................................92
Rangkuman
.................................................................93
Tes Formatif
...............................................................93
Glosarium....................................................................94
Daftar pustaka .............................................................94
11. Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan
alam dan kehidupan masyarakat
Pendahuluan
...............................................................96
Tujuan........................................................................97
Uraian Materi .............................................................97
Latihan
......................................................................100
Rangkuman
.................................................................100
Tes Formatif
...............................................................102
Glosarium....................................................................103
Daftar pustaka .............................................................103
12. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari
berbagai benda
Pendahuluan
...............................................................104
Tujuan........................................................................105
Uraian Materi .............................................................105
Latihan
......................................................................108
Rangkuman
.................................................................108
Tes Formatif
...............................................................109
Glosarium....................................................................110
Daftar pustaka .............................................................110
13. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas
Pendahuluan
...............................................................111
Tujuan........................................................................111
Uraian Materi .............................................................112
Latihan
......................................................................112
Rangkuman
.................................................................113
Tes Formatif
...............................................................113
Glosarium....................................................................114
Daftar pustaka .............................................................115
14. Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda
(pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
Pendahuluan
...............................................................116
Tujuan........................................................................117
Uraian Materi .............................................................117
Latihan
......................................................................123
Rangkuman
.................................................................124
Tes Formatif
...............................................................126
Glosarium....................................................................128
Daftar pustaka .............................................................129
15. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan
benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam
kehidupan sehari-hari
Pendahuluan
...............................................................130
Tujuan........................................................................130
Uraian Materi .............................................................131
Latihan
......................................................................134
Rangkuman
.................................................................135
Tes Formatif
...............................................................136
Glosarium....................................................................138
Daftar pustaka .............................................................138
Kunci Jawaban Daftar pustaka...........................................139
Riwayat
Penulis...............................................................148
PENDAHULUAN
Modul pembelajaran ini berisi mata pelajaran IPA kelas
enam yang diterapkan di SDN Cijeruk Kecamatan Kibin Kabupaten Serang dengan
materi pembelajaran tentang “ Makhluk Hidup dan Lingkungannya ” dan disampaikan
berjalan beriringan dengan menerapkan model pembelajaran yang ada menjadi model
pembelajaran yang sudah ada lebih memperhatikan pada kemampuan setiap individu siswa
yang berbeda. Model pembelajaran yang ada ini menjadi inspirasi penulis untuk
menyampaikan materi yang tepat dan sesuai dengan kurikulum pembelajaran tentang
“ Makhluk Hidup dan Lingkungannya ” yang dipasangkan pada karakteristik dan
minat belajar siswa di kelas enam.
Dengan media pembelajaran yang tepat, mudah didapatkan,
dikenali seluruh siswa, mudah ditemukan dimana saja yang dijadikan
sebagaipenyalur materi saat kegiatan pembelajaran dan penerapan model
pembelajaran yang diciptakan penulis akan memberikan pengalaman yang
menyenangkan, memudahkan siswa untuk memahami dan guru dapat menilai setiap
kemampuan perkembangan pemahaman setiap individu siswa dengan kegiatan yang ada
didalamnya.
Adapun materi yang dapat dikaitkan dengan kehidupan
sehari-hari yang mungkin saja setiap hari siswa telah temui berkali-kali, namun
tidak dapat memaknainya. Dengan materi, media dan model pembelajaran inilah
penulis berharap para siswa dapat berhubungan langsung dan mencari nilai setiap
benda dan kejadian yang mereka temukan di sekitar lingkungan hidupnya.
Terkait dengan pembelajaran IPA, banyak kecenderungan
baru yang tumbuh dan kembang di banyak negara, sebagai inovasi dan reformasi
model pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tantangan sekarang dan
mendatang sehingga penulis termotivasi untuk menerapkan beberapa model
pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Sebagai pengetahuan, IPA mempunyai ciri-ciri khusus
antara lain abstrak, deduktif, konsisten, hierarkis dan logis. Ciri keabstrakan
IPA beserta ciri lainnya yang tidak sederhana, menyebabkan IPA tidak mudah
untuk dipelajari, dan pada akhirnya siswa kurang tertarik untuk belajar IPA.
Tujuan Instruksional Umum (TIU) dalam mempelajari modul ini adalah pada mata
pelajaran IPA tentang melalui “ Makhluk Hidup dan Lingkungannya” Kelas 6 SDN
Cijeruk Kecamatan Kibi Kabupaten Serang, siswa dapat mendeskripsikan makhluk
hidup dengan lingkungannya
Tujuan
Instruksional Khusus (TIK) mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya, mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan
hidupnya, mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai
lanjut usia,
mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan, mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan melalui gambar cara perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan, mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia, mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi
keseimbangan alam (ekosistem), mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan, mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan, mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang
mendekati kepunahan, mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan, membandingkan
sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda, menjelaskan alasan
pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan
panas, menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan,
perkaratan, pembusukan), mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan
untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
Untuk membantu anda mencapai tujuan-tujuan tersebut,
dalam modul ini disajikan pembahasan disertai latihan dan 10 Kegiatan Belajar
(KB) :
KB Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya
KB Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan.
KB 3 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut usia
KB 4 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik
anak laki-laki dan perempuan
KB 5 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan
KB 6 Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan
manusia
KB 7 Mengidentifikasi
kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).
KB Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
KB 9 Mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan.
KB 10 Mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati.
KB 11 Mendeskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan
alam dan kehidupan masyarakat.
KB 12 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan
panas dari berbagai benda.
KB 13 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam
kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.
KB 14 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan
benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
KB 15 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan
untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
Agar anda berhasil dengan baik dalam mempelajari modul
ini, beberapa petunjuk belajar yang anda dapat ikuti, yaitu sebagai berikut :
1. Bacalah
dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai anda memahami secara tuntas
tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari modul ini.
2. Tangkaplah
pengertian demi pengertian dan beberapa contoh soal yang ada dari isi modul ini
melalui pemehaman sendiri.
3. Jika
pembahasan tentang materi pembelajaran yang ada dalam modul ini masih dianggap
kurang, upayakan mencari informasi tambahan dari sumber yang lain.
4. Mantapkan
pemahaman anda dengan mengerjakan latihan
5. Kerjakan
tes formatif yang ada disetiap kegiatan belajar untuk mengetahui tingkat
penguasaan anda terhadap materi yang dibahas.
“Selamat Belajar” – Semoga Berhasil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar